KEPUASAN ANDA ADALAH KEPUASAN KAMI JASA SERVIS SEMUA JENIS ELEKTRONIKA&PENDINGIN.PLG BERPENGALAMAN DI SEMUA BIDANG ELEKTRO : tips mengemudi yang benar
SELAMAT DATANG TERIMAKASI TELAH BERKUNJUNG SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA MEMBAHAGIAKAN KITA SEMUA

Games

tips mengemudi yang benar



Cara belajar mengemudi mobil dengan cepat

Mengapa harus kursus stir mobil jika anda mampu belajar mengemudi mobil dengan cepat. Hanya dalam tempo 3 hari anda akan mampu mengemudi mobil di jalan raya. Hal ini sudah admin jalani waktu pertama kali mempunyai mobil sendiri. Dengan periode latihan yang benar maka dalam waktu singkat anda sudah mampu mengemudi mobil seorang diri di jalanan. Anda penasaran, yuk ikuti tips cara mengemudi mobil tanpa kursus berikut.



Secara umum besarnya biaya kursus mengemudi mobil dihitung dari berapa lama ( jam ) anda duduk di belakang stir ( belajar mengemudi ). Sehingga semakin lama anda belajar tentu semakin besar biaya yang harus anda keluarkan. Padahal pada umumnya paket termurah yang ditawarkan sekitar 500 ribuan dengan masa latihan 5 hingga 6 jam ( 5 atau 6 kali pertemuan / latihan ). Kesimpulannya sudahkah anda mahir dalam waktu tempo sesingkat itu ( 6 jam ). Jika merasa belum mahir tentu menambah jam belajar lagi yang tentunya ada penambahan biaya yang harus dikeluarkan.

Mengapa anda tidak mencoba belajar mobil sendiri secara otodidak. Secara umum belajar mengemudi mobil lebih mudah dari pada belajar naik sepeda atau sepeda motor. Lihat aja paket kursus mobil yang hanya 5 sampai 6 jam saja, padahal kalau belajar naik sepeda hingga seminggu juga belum mahir. Jadi meskipun anda mengikuti kursus mengemudi tetap saja belum bisa dikatakan mahir setelah selesai paket yang anda ambil. Meskipun demikian ada beberapa hal yang harus anda persiapkan saat belajar mengemudi mobil. Dengan latihan serius hanya dalam waktu singkat anda sudah mampu mengemudi di jalan raya.

Jika demikian mengapa tidak belajar mengemudi mobil sendiri. Meskipun tidak mengikuti kursus mengemudi saya percaya anda dapat belajar sendiri. Di luar sana cukup banyak sopir sopir yang mengemudi secara otodidak. Mengemudi sampai ke tingkat mahir tidak akan didapatkan hanya dengan latihan atau kursus. Mahir mengemudi mobil akan anda dapatkan seiring dengan waktu, sehingga semakin banyak ( sering ) mengemudikan mobil maka akan semakin bertambah mahir. Kesimpulannya kepandaian mengemudi mobil memerlukan pengalaman di jalan raya dan bukan didapatkan dari latihan atau tempat kursus.



Meskipun demikian tentu saja tempat kursus mengemudi mobil lebih dapat memberikan perasaan aman dan nyaman karena anda selalu didampingi oleh para instruktur pengalaman, sehingga kecil kemungkinannya akan terjadi tabrakan atau kecelakaan saat belajar stir mobil, hal ini karena mobil mobil yang ada di tempat kursus sudah mengalami sedikit modifikasi, sehingga saat lupa ngerem maka instruktur anda yang injak rem.

belajar mengemudi mobil

Belajar mengemudi mobil hanya dalam waktu 3 hari ?. Memang kedengarannya mustahil hanya dalam waktu singkat sudah pandai stir mobil sendiri. Sebenarnya banyak keuntungan yang didapatkan saat belajar mobil sendiri, selain gratis juga ternyata cepat bisa. hal ini karena anda merasa bertanggung jawab sendiri saat belajar mengemudi. hal berbeda jika anda ditemani oleh para instruktur. Ketenangan anda itulah sebenarnya merupakan titik lemah saat belajar mengemudi mobil di tempat kursus. Anda merasa bebas injak gas toh ada gurunya, anda bebas lupa injak rem toh ada intruktur yang akan injak rem, dan lain sebagainya. Dengan demikian akhirnya anda akan belajar kurang serius.

Untuk dapat belajar mengemudi sendiri secara otodidak tentunya anda juga harus memperhatikan segala sesuatunya, sehingga waktu belajar anda akan lebih nyaman dan tenang. Berikut beberapa saran sebelum anda belajar mengemudi mobil sendiri.
Belajar dengan mobil sendiri. Perasaan nyaman dan tenang akan tercipta jika anda belajar dengan mobil milik sendiri.
Disarankan untuk memilih jalanan sepi dan bebas dari anak anak bermain. Anda tidak perlu pergi jauh hanya untuk belajar mobil, cukup di sekitar rumah saja dan pilih jam jam sepi ( misalnya siang hari saat yang lain pergi ke kantor dan anak anak pada sekolah ). Jangan memilih hari minggu / hari libur karena biasanya cukup ramai.
Belajar dengan serius dengan ketenangan dan kesabaran penuh.
Ada baiknya ditemani oleh istri / suami / saudara saat mulai belajar mengemudi mobil.

Setelah anda memilih waktu dan hari yang tepat ( saat libur ) yuk mulai belajar mengemudi mobil di hari pertama dengan langkah ringan dan santai.

Latihan mengemudi hari pertama
Karena mobil milik sendiri tentunya anda sudah hapal letak semua perangkat yang diperlukan, seperti pedal gas ( paling kanan ), pedal kopling ( paling kiri ), dan pedal rem ( tengah ) untuk kendaraan transmisi manual. Sedangkan pada mobil matic hanya ada pedal rem ( kiri ) dan pedal gas ( kanan ).
Pelajari juga sistem transmisinya ( perpindahan gigi percepatan ). Pada mobil transmisi manual di bagian ujungnya ada angka : 1, 2, 3, 4, 5, dan R ( gigi mundur ), sedang pada mobil matic ada : P ( parkir ), R ( mundur ), N ( netral ), D ( otomatis ), L1, L2, dan L3. Khusus untuk mobil matic sebaiknya hanya gunakan gigi D saja untuk maju dan R untuk mundur.
Sedangkan perangkat kendaraan yang lain lupakan saja karena untuk sementara belum diperlukan, yang penting sekarang semua hal yang berhubungan dengan maju dan mundur mobil saja.
Saat duduk di belakang kemudi, maka langkah pertama adalah sesuaikan posisi jok ( kursi ) dengan injakan kaki anda, jadi jangan terlalu maju ataupun terlalu jauh.
Coba pegang dan mainkan ( mesin mati ) pedal gas, pedal kopling, pedal rem, dan perpindahan gigi. Saat pindah gigi transmisi tentunya dibarengi dengan injakan pedal kopling. Perhatikan juga letak rem tangan. Paling tidak 5 hingga 10 menit untuk mencoba coba ini.
Selanjutnya hidupkan mesin dan jangan di gas. Biarkan mesin hidup langsam beberapa saat untuk pelumasan logam logam di mesin mobil anda.
Selalu posisikan kedua tangan di kemudi, kaki kanan di pedal gas ( jangan di injak ), dan kaki kiri di pedal kopling.
Lihat sekeliling anda terutama di depan, dan mulai jalankan mobil anda secara perlahan. Caranya injak kuat kopling, pindah ke gigi 1, dan lepas kopling secara perlahan. Maka kendaraan akan bergerak maju secara perlahan. Mobil mobil keluaran terbaru tanpa injak gas pada gigi 1 akan bergerak secara perlahan. Biarkan mobil bergerak maju secara perlahan sambil mengamati pandangan ke depan. Pada tahap awal ada baiknya belajar maju dan mundur dahulu.
Pada hari pertama yang paling penting yakni pengenalan terhadap kendaraan anda. Meskipun hanya maju dan mundur namun anda akan secara reflek mengetahui pedal gas, pedal kopling, dan pedal rem maupun letak tuas gigi transmisi walaupun tanpa melihatnya.

Latihan mengemudi hari kedua
Kemahiran menjalankan mobil maju mundur telah anda miliki, sekarang mulailah dengan mengemudi mengelilingi daerah sekitar anda paling dekat ( mengitari lingkungan rumah anda ). Jangan lupa tetap memilih jam jam sepi di perumahan anda.
Pada hari kedua ini mulailah dengan menyalakan lampu sein saat belok ke kiri maupun ke kanan. Sebaiknya gunakan gigi 1 hanya sebentar dan langsung ke gigi 2.
Saat jalan lurus dapat juga pindah ( oper ) ke gigi dua meskipun laju mobil anda tetap pelan ( max 20 km/jam ).
Teruslah berlatih hingga kaki dan tangan anda benar benar santai dan tidak tegang. Ketegangan hanya akan merugikan.

Latihan mengemudi hari ketiga
Seperti pada latihan hari kedua namun dengan daerah lebih luas, meskipun masih di sekitar lingkungan perumahan di mana anda tinggal.
Cobalah juga belajar pada malam hari supaya anda lebih paham dengan aksesoris dan peralatan saat berkendara pada malam hari.
Sekarang anda tentunya lebih tenang dan percaya diri. Dan tetap dengan seorang teman di samping anda.

Mengapa anda belum berani pergi keluar rumah pada malam hari saat jalanan sepi dan sekedar mengisi BBM yang kosong untuk belajar selama tiga hari ini. mau tunggu apa lagi sebab kemahiran mengemudi hanya didapatkan di jalan raya bukan di jalan perumahan. Waspada mengemudi saat hujan karena pandangan buram dan jalanan licin.

No comments:

Post a Comment

tips diet sehat

kasiat kencur

kasiat buah mengkudu

tips cantik

kasiat ikan lele

kasiat buah jengkol

tips agar di sayng suami

kasiat ginseng untuk sex

kasiat buah terong pipit

tips merawat payu dara agar indah

luar biasa kasiat daun kelor

kasiat buah salam