Wahhh ini biasanya banyak yang nanya2 kalau masalah tentang cara merawat motor dan biasanya setiap pengalaman orang itu berbeda-beda cara merawatnya. Nah kali ini gue akan sharing tentang cara merawat motor yang bisa digunakan untuk motor honda, motor yamaha,motor suzuki maupun yang lain. Dan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan diantaranya adalah, bagaimana cara merawat motor yang benar, bagaimana cara merawat rantai motor biar halus suaranya, atau untuk pengguna satria f150 bagaimana cara merawat motor satria fu agar awet dan tahan lama. Nah dibawah ini gue akan jelasin dari pertanyaan diatas, dimana beberapa sumber yang saya dapat dari yahoo answer dan beberapa pengalaman pribadi maupun orang lain.Dengan perawatan yang secara rutin, tentu akan membuat motor kalian lebih awet dan tahan lama. Mesinnya pun tetep tangguh seperti waktu baru. So apa saja yang perlu dirawat ketika memiliki motor baru, berikut caranya merawat motor baru….
Bagaimana Cara Merawat Motor Baruterkadang saat kita membeli motor baru masih ragu-ragu untuk memeriksa kendaraan tersebut, harus mulai dari mana awalnya, apakah dimulai dari segi perawat mesin ataupun dari segi body, dan terkadang untuk mengganti oli motor saja secara rutin tiap bulan masih bingung, oke lahh berikut ini tips cara merawat motor baru.
- Saat pembelian motor baru, untuk yang pertama kali biasanya diberikan service gratis oleh dialer 3x untuk ganti oli, patuhilah aturan tersebut agar mesin bisa awet dan tahan lama. Kemudian setelah 3x ganti oli secara gratis, lakukan ganti oli secara berkala sesuai kadar dari oli tersebut.
- Untuk merek jenis oli bisa disesuaikan dengan mesin yang kamu pakai, mulai dari type kencerannya ataupun kekentalannaya.
- Sebelum melakukan kegiatan, segeralah panasi motor kamu kurang lebih 2-5 menit, agar seluruh mesin bisa terlumasi oleh oli.
- Periksa bensin apakah masih atau sudah habis, jangan sampai keadaan motor kamu kehabisan bensin karena akan menyebabkan mesin cepet rusak.
- Cucilah motor sekurang-kurangnya 1 minggu sekali agar debu2 tidak menembel dan motor baru terlihat seperti baru yang kinclong warnanya.
Bagaimana Cara merawat motor yang benar step by step
Nah setelah cara merawat motor baru kita kembali lagi ke cara merawat motor yang benar. Nah disini merupakan pembahasan yang agak detail agar motor kamu bisa awet dan tahan lama tidak cepet rusak. Merawat motor dengan baik itu adalah hal yang wajib, karena selain menjaga motor tetap awet, bisa juga motor terlihat masih baru karena dirawat dengan baik, salah satunya cat-catnya masih begitu mulus dan belum luntur warnanya. Untuk itu kamu bisa melakukan perawatan sendiri dirumah berikut caranya.
- Periksa Busi Motor
Busi motor merupakan alat yang sangat penting dalam kendaraan bermotor. Tanpa busi motor hanya rongsokan yang tidak bisa jalan begitupun dengan bensin. Jadi caranya “cek businya kalau motor kamu sudah mencapai 10 ribu km lebih baik diganti dengan baru”. - Cek Filter Kaburator
Setiap jenis motor dari tahun ketahun berbeda jenis filternya. Untuk sekarang ada dua jenis filter yaitu filter basah dan filter kering. Untuk yang basah biasanya model motor tahun 90 hingga 2000 kamu bisa membersihkan dengan bensin lalu dilumasi sedikit oli setelahnya. Untuk yang kering tahun 2000 hingga sekarang kamu bisa semprotkan dengan kompresor maka kotoran yang ada di filter bakal hilang. - Periksa Rantai dan Gear
Rantai kendor dan gear habis ini sangat bahaya ketika kita melakukan perjalanan jauh. Jadi sebelum perjalanan jauh periksalah terlebih dahulu, jika kendor ya di kencengin dulu, jika habis gearnya bisa diganti dengan yang baru. - Membersihkan Karburator
Untuk membersihkan karburator gue saranin sih ke bengkel saja, karena orang bengkel lebih paham masalah untuk menyetel karburator. - Cek Kondisi Aki
Untuk aki motor-motor buatan tahun 2000 keatas pada umumnya sudah menggunakan aki kering yang tak perlu melakukan perawatan khusus. Tanda-tanda aki kering rusak bila kita starter sudah tidak bisa nyala berarti minta ganti baru. - Panaskan Mesin Motor
Nah terkadang saat buru-buru kita lupa untu memanaskan motor, jadi usahakan panaskan motor dulu yaa tidak butuh waktu lama kok cuman 1-2 menit saja.Fungsinya sendiri adalah agar seluruh mesin bisa terlumasi oli pada saat mesin akan dijalankan. - Gunakan Spartepart Asli
Walaupun suku cadang dari sepeda motor yang asli mahal, tapi biasanya rata-rata untuk yang sparepart asli lebih tahan lama dari pada yang kw-kw nan. - Cuci Motor
Walaupun sebagaian orang malas untuk mencuci motor, ada baiknya jika dilakukan pencucian sepeda motor berkala misal dalam satu bulan paling minimalnya 2 kali, atau 3 kali. Apa manfaatnya, agar motornya lebih bersih dan terlihat kinclong. - Gunakan Oli Standart
Untuk merawat mesin motor perlu diperhatikan juga dalam memilih oli motor, jaman sekarang beberapa orang sudah membuat replika dari produk aslinya. Jadi berhati-hatilah saat memilih oli mesin yang anda gunakan. Teliti sebelum membeli apakah oli tersebut asli atau palsu. Untuk melihat apakah oli tersebut asli atau palsu gue akan posting lain kali. - Jangan Geber Motor
Nih banyak anak muda sekarang yang suka geber-geber motor, kata mereka wajib hukumnya. Mereka tidak sadar bahwa motor yang sering digeber akan menimbulkan mesin cepet loyo, dan beberapa komponen didalamnya mungkin bisa kendor. Gue rasaain dulu pass jaman SMA, seneng bener kalau geber motor, gas motor gue embat2 sampe motor ngadat ixixixixi.
Bagaimana cara perawatan rantai biar nggak berisik
Oke langsung aja yaa cek it dot yaa.
Kalau kepingin rantai tidak berisik, tidak cepat rusak, bersih, dan awet, caranya adalah melakukan perawatan dengan baik dan benar.
- Jangan gunakan solar atau bensin untuk membersihkan rantai agar tidak berisik karena akan menyebabkan melar pada roller2 rantai.
- Gunakan zat khusus pembersih rantai seperti WD40 dan Sellys RP7 untuk membersihkan rantai dari bekas oli yang kering.
- Jangan pernah gunakan oli bekas ataupu yang baru untuk melumasi rantai. Karena oli bekas mengandung serpihan logam mikroskopis sehingga dapat membuat rantai cepat aus. Begitupun dengan oli baru, biar lebih aman sebaiknya gunakan zat khusus untuk permbersih rantai.
- Lumasi rantai khusus pelumas rantai agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan tidak mudah di tempeli kotoran, kamu juga bisa gunakan chain lube ataupun kit.
- Untuk menyeting rantai jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor. Untuk supaya imbang perhatikan pada posisi penunjuk di swing arm pada bagian kiri dan kanan.
- Perhatikan juga gear depan dan belakang, jika sudah tidak layak dipakai harap diganti dengan yang baru. Beberapa orang terjadi kecelakaan salah satu penyebabnya adalah gear yang sudah habis dan rantai yang kendor. Sehingga jika ada lubang sedikit rantai bisa keluar dari gear dan akan menyebabkan motor jadi terhenti langsung.
- Belilah produk yang asli atau yang berkualistas. Merk yang tidak terpercaya bisa menyebabkan resiko besar akan kualitas yang rendah. Dan hati-hati jika membelinya walaupun asli terkadang orang-orang suka memalsukan barang tersebut.
Oke deh nah selesai sudah beberapa Tips merawat mesin agar awet,
kamu bisa lakukan sendiri ataupun bisa minta bantuan di bengkel
terdekat di kotamu. Cara merawat motor diatas bisa juga dilakukan untuk
jenis motor matic ataupun merk motor lainnya seperti yamaha, honda, suzuki, dan kawasaki. Semoga bermanfaat yaaa
Cara Merawat Sepeda
Motor agar Selalu Prima dan Awet
07 Mei 2013 10:20:19 Diperbarui: 24 Juni 2015 13:58:48 Dibaca : 46,423
Komentar : 1 Nilai : 1
Cara Merawat Sepeda Motor agar Selalu Prima dan Awet
Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi saat ini kendaraan bermotor
memenuhi jalan. Sehigga menyebabkan kemacetan hampir di semua kota Pulau
Jawa. Hal ini di pengaruhi oleh kebutuhan transportasi yang mobile,
selain harganya yang relatif murah daripada mobil. Dengan kemajuan
teknolgi mesin motor yang semakin maju, saat ini sepeda motor juga kuat
untuk perjalanan lintas propinsi. Ambil contoh saja orang perantauan di
Jakarta pulang kampung sebagian besar mengunakan sepeda motor. Namun
terkadang seseorang lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan
kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda yang memiliki sepeda motor maka
meluangkanlah sedikit waktu Anda untuk merawatnya, agar biaya perawatan
yang lebih tinggi terhindarkan.
Jika ingin motor milik Anda lebih awet mesinnya sehingga tidak banyak
mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan, berikut tips merawatnya.
ØJika membeli sepeda motor baru
Jangan digunakan untuk membawa beban terlebih dahulu minimal sampai 500
KM, ini penting karena olie masih lebih cepat bercampur dengan serpihan
logam akibat gesekan komponen mesin. Cobalah untuk menjalankan sepeda
motor pada kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan
maksimal agar mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah perawatan
gratis yang di berikan oleh dealer diman Anda membeli sepeda motor.
Umumnya diberikan gratis servis dan ganti olie 3 kali jalan. Pertama
pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan ketiga pada KM 2000. Itu bukan hanya
sebagai bonus, namun untuk menjaga usia mesin untuk jangka panjang.
Belum tentu motor baru tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam
perakitannya, maka diperlukan pengecekan segera setelah 500 KM pemakaian
pertama, untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan.
Tips:Khusus sepeda motor bermesin 4 langkah,tuangkan sedikit olie
kedalam lobang knalpot.Hal ini agar knalpot orisinil motor anda lebih
awet karena tidak mudah keropos.
ØPerawatan berkala (tune up)
Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa
komponen yang tergores(aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat
keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu
harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel resmi. Debu
debu dan kotoran yang terhisap oleh karburator dan mengendap akan
mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat tuneup.
Mengenai kapan waktu ideal untuk tuneup, lakukanlah setiap 2 bulan
sekali atau bila kilometer sudah 2000 KM perjalanan. Namun jika anda
merasa bahwa sepeda motor Anda tidak terasa nyaman seperti biasa, maka
lakukan lah tune up kebengkel resmi.
ØPenggantian Olie
Standard kekentalan olie yang dipakai kendaraan adalah SAE (Society of
Automotive Engineer). Namun, kebanyakan olie yang dijual sudah memenuhi
standard untuk iklim di Indonesia. Jadi Anda sudah tidak perlu khawatir
mendapatkan standard olie yang salah untuk motor A nda.Yang perlu
diperhatikan adalah kapan saat mengganti olie yang tepat.Hal ini
biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang Anda beli.
Mengganti olie melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak
baik bagi motor. Olie yang telah melewati batas akan mengencer dan tidak
sesuai lagi. Maka gantilaholi setiap kilometer menunjkan 2000 KM
perjalanan atau pada saat Anda melakuan perawatan berkala.
Tips: Disiplin mengganti olie motor dengan berpatokan pada batas
kilometer pemakaian olie ,akan membuat motor anda selalu prima.
ØPemakaian motor
Jangan menggeber-gember gas motor anda atau melakukan tarikan gas
spontan. Hal ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin,katup bahan
bakar,kopling,piston dan stang piston.Terutama jika motor anda memakai
teknologi mesin 4 langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit pada sistem bahan
bakarnya,dan inilah yang sering bermasalah. Jika motor anda memakai gigi
manual,pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor. Jika
jalanan menanjak, motor butuh tenaga lebih besar maka kurangi gigi
dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start berjalan jangan langsung
menggunakan gigi 4,tapi mulailah dari gigi 1.Hal ini berpengaruh pada
stang piston,piston,kopling dan rantai mesin (4 langkah).
Tips : Terapkan Tradisi pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum
dipakai, jika motor telah nganggur selama 8 Jam atau lebih. Motor yang
telah lama didiemin maka olie akan turun kembali dari bagian bagian
sempit dan mengumpul di bak olie.Pemanasan mesin ini agar olie kembali
lagi mengaliri kedalam bagian bagian mesin yang perlu dilumasi.Terutama
untuk jenis mesin motor 4 langkah,karena jenis mesin ini hanya
mengandalkan olie mesin saja.
Catatan:Memanaskan mesin jangan terlalu lama,cukup 5 menit saja.Hal ini
nggak baik buat mesin yang berpendingin udara.Karena jika mesin hidup
lama dan motor tidak berjalan, maka mesin tidak akan mendapat
pendinginan yang baik.
ØKebersihan
Biar rangka motor lebih awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar
tidak cepat berkarat dan keropos.Apalagi jika habis dipakai hujan
hujanan.
Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi
lebih awet dan tetap prima.Dan yang terpenting,harga jual kembali akan
tetap tinggi jika ingin ganti motor yang baru.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/xziz/cara-merawat-sepeda-motor-agar-selalu-prima-dan-awet_552c3bbb6ea834022b8b456e
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/xziz/cara-merawat-sepeda-motor-agar-selalu-prima-dan-awet_552c3bbb6ea834022b8b456e
Cara Merawat Sepeda
Motor agar Selalu Prima dan Awet
07 Mei 2013 10:20:19 Diperbarui: 24 Juni 2015 13:58:48 Dibaca : 46,423
Komentar : 1 Nilai : 1
Cara Merawat Sepeda Motor agar Selalu Prima dan Awet
Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi saat ini kendaraan bermotor
memenuhi jalan. Sehigga menyebabkan kemacetan hampir di semua kota Pulau
Jawa. Hal ini di pengaruhi oleh kebutuhan transportasi yang mobile,
selain harganya yang relatif murah daripada mobil. Dengan kemajuan
teknolgi mesin motor yang semakin maju, saat ini sepeda motor juga kuat
untuk perjalanan lintas propinsi. Ambil contoh saja orang perantauan di
Jakarta pulang kampung sebagian besar mengunakan sepeda motor. Namun
terkadang seseorang lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan
kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda yang memiliki sepeda motor maka
meluangkanlah sedikit waktu Anda untuk merawatnya, agar biaya perawatan
yang lebih tinggi terhindarkan.
Jika ingin motor milik Anda lebih awet mesinnya sehingga tidak banyak
mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan, berikut tips merawatnya.
ØJika membeli sepeda motor baru
Jangan digunakan untuk membawa beban terlebih dahulu minimal sampai 500
KM, ini penting karena olie masih lebih cepat bercampur dengan serpihan
logam akibat gesekan komponen mesin. Cobalah untuk menjalankan sepeda
motor pada kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan
maksimal agar mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah perawatan
gratis yang di berikan oleh dealer diman Anda membeli sepeda motor.
Umumnya diberikan gratis servis dan ganti olie 3 kali jalan. Pertama
pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan ketiga pada KM 2000. Itu bukan hanya
sebagai bonus, namun untuk menjaga usia mesin untuk jangka panjang.
Belum tentu motor baru tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam
perakitannya, maka diperlukan pengecekan segera setelah 500 KM pemakaian
pertama, untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan.
Tips:Khusus sepeda motor bermesin 4 langkah,tuangkan sedikit olie
kedalam lobang knalpot.Hal ini agar knalpot orisinil motor anda lebih
awet karena tidak mudah keropos.
ØPerawatan berkala (tune up)
Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa
komponen yang tergores(aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat
keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu
harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel resmi. Debu
debu dan kotoran yang terhisap oleh karburator dan mengendap akan
mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat tuneup.
Mengenai kapan waktu ideal untuk tuneup, lakukanlah setiap 2 bulan
sekali atau bila kilometer sudah 2000 KM perjalanan. Namun jika anda
merasa bahwa sepeda motor Anda tidak terasa nyaman seperti biasa, maka
lakukan lah tune up kebengkel resmi.
ØPenggantian Olie
Standard kekentalan olie yang dipakai kendaraan adalah SAE (Society of
Automotive Engineer). Namun, kebanyakan olie yang dijual sudah memenuhi
standard untuk iklim di Indonesia. Jadi Anda sudah tidak perlu khawatir
mendapatkan standard olie yang salah untuk motor A nda.Yang perlu
diperhatikan adalah kapan saat mengganti olie yang tepat.Hal ini
biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang Anda beli.
Mengganti olie melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak
baik bagi motor. Olie yang telah melewati batas akan mengencer dan tidak
sesuai lagi. Maka gantilaholi setiap kilometer menunjkan 2000 KM
perjalanan atau pada saat Anda melakuan perawatan berkala.
Tips: Disiplin mengganti olie motor dengan berpatokan pada batas
kilometer pemakaian olie ,akan membuat motor anda selalu prima.
ØPemakaian motor
Jangan menggeber-gember gas motor anda atau melakukan tarikan gas
spontan. Hal ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin,katup bahan
bakar,kopling,piston dan stang piston.Terutama jika motor anda memakai
teknologi mesin 4 langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit pada sistem bahan
bakarnya,dan inilah yang sering bermasalah. Jika motor anda memakai gigi
manual,pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor. Jika
jalanan menanjak, motor butuh tenaga lebih besar maka kurangi gigi
dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start berjalan jangan langsung
menggunakan gigi 4,tapi mulailah dari gigi 1.Hal ini berpengaruh pada
stang piston,piston,kopling dan rantai mesin (4 langkah).
Tips : Terapkan Tradisi pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum
dipakai, jika motor telah nganggur selama 8 Jam atau lebih. Motor yang
telah lama didiemin maka olie akan turun kembali dari bagian bagian
sempit dan mengumpul di bak olie.Pemanasan mesin ini agar olie kembali
lagi mengaliri kedalam bagian bagian mesin yang perlu dilumasi.Terutama
untuk jenis mesin motor 4 langkah,karena jenis mesin ini hanya
mengandalkan olie mesin saja.
Catatan:Memanaskan mesin jangan terlalu lama,cukup 5 menit saja.Hal ini
nggak baik buat mesin yang berpendingin udara.Karena jika mesin hidup
lama dan motor tidak berjalan, maka mesin tidak akan mendapat
pendinginan yang baik.
ØKebersihan
Biar rangka motor lebih awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar
tidak cepat berkarat dan keropos.Apalagi jika habis dipakai hujan
hujanan.
Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi
lebih awet dan tetap prima.Dan yang terpenting,harga jual kembali akan
tetap tinggi jika ingin ganti motor yang baru.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/xziz/cara-merawat-sepeda-motor-agar-selalu-prima-dan-awet_552c3bbb6ea834022b8b456e
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/xziz/cara-merawat-sepeda-motor-agar-selalu-prima-dan-awet_552c3bbb6ea834022b8b456e
No comments:
Post a Comment