KEPUASAN ANDA ADALAH KEPUASAN KAMI JASA SERVIS SEMUA JENIS ELEKTRONIKA&PENDINGIN.PLG BERPENGALAMAN DI SEMUA BIDANG ELEKTRO : mengenal vcc
SELAMAT DATANG TERIMAKASI TELAH BERKUNJUNG SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA MEMBAHAGIAKAN KITA SEMUA

Games

mengenal vcc

Pengertian VCC dan Ground dalam Elektronika dan Arduino


Pada sebuah komponen elektronik seperti RTC pada gambar di atas, terdapat pin (kaki-kaki) dengan label VCC maupun GND (ground)? Apa maksudnya?

Jawaban Singkat:

VCC menunjukkan pin yang harus disambung ke tegangan positip (biasanya 5V atau 3.3V) sedangkan Ground, sesuai namanya adalah pin yang harus disambungkan ke ground (0 V), atau dalam hal cuma ada 2 kaki, ground adalah bagian minusnya.

Jawaban Panjang

Pada awalnya VCC muncul ketika berbicara tentang rangkaian yang melibatkan transistor, khsusunya Bipolar Junction Transistor. Komponen-komponen elektronik aktif hampir selalu memiliki transistor di dalamnya. Sebuah IC (Integrated Circuit) bisa terdiri dari jutaan atau bahkan milyaran transistor di dalamnya.
Sebuah transistor memiliki 3 kaki yaitu Collector, Base dan Emiter. VCC menyatakan tegangan (Voltage) pada kaki Collector. Jadi istilah VCC pada awalnya merujuk kepada tegangan di Collector ini. Sedangkan tegangan pada Emiter disebut VEE. Dan di kaki Base adalah ground.
Istilah VCC dan VEE ini terus terbawa sampai sekarang bahkan kepada komponen yang tidak mengandung transistor sekalipun. VCC menyatakan power supply positif sedangkan VEE menyatakan power supply negatif. Sedangkan ground adalah netral (0 V). Kebanyakan kasus kita hanya menemukan VCC dan Ground.
Berapakah nilai VCC? tergantung spesifikasinya bisa +3.3V, +5V, +9V atau +12V dan VEE bisa  -3.3V, -5V, -9V atau -12V
Oleh karena itu SANGAT PENTING untuk membaca spesifikasi VCC ini, jika salah bisa berisiko rusaknya komponen arduino kita.
Sebetulnya selain VCC dan VEE ada juga VDD dan VSS. Kalau VCC dan VEE ditemui pada transitor jenis bipolar (BJT), VDD dan VSS ada di transistor jenis FET (Field Effect Transistor).  VDD (Drain) sama seperti VCC menyatakan power positif sedangkan VSS (Source) menyatakan power negatif.

No comments:

Post a Comment

tips diet sehat

kasiat kencur

kasiat buah mengkudu

tips cantik

kasiat ikan lele

kasiat buah jengkol

tips agar di sayng suami

kasiat ginseng untuk sex

kasiat buah terong pipit

tips merawat payu dara agar indah

luar biasa kasiat daun kelor

kasiat buah salam